Kamis, 10 September 2015

Cara Mudah Mengetahui Template Blog Orang Lain

template blogger .. logo template blogger

BeriTekhno - Template blog atau bisa disebut sebagai tema merupakan hal yang sangat penting untuk membentuk tampilan dari blog tersebut. Bisa dibilang faktor utama yang sangat berpengaruh untuk tampilan blog. Bagus atau tidaknya tergantung dari template tersebut, responsive atau tidaknya juga tergantung dari template tersebut.

Tiap orang pasti punya selera yang berbeda untuk memodifikasi dari tampilan blognya. Biasanya sobat blogger akan memodifikasi dari template yang sudah didownload dari internet. Tetapi biasanya para blogger tidak cukup puas dengan tampilan blognya sendiri, ketika berkunjung ke blog orang lain dan melihat tampilan blog orang lain lebih bagus. Akibat dari itulah sering muncul pertanyaan, "Bagaimana cara untuk mengetahui template yang digunakan dalam blog tersebut ?"

Caranya sebenarnya cukup simpel, yakni dengan melihat page source dari blog tersebut. Jika template yang dipakai didownload dari internet dan si pemakai tidak merubah dari identitas template, dapat dipastikan anda dapat mengatahui identitas dari template tersebut. Biasanya identitas tersebut berupa nama template, nama pembuat, dan url website/blog pembuat. 

Untuk melihat template blog dengan cara melihat page sourcenya, berikut langkahnya :

1. Buka blog atau web yang akan dilihat identitas templatenya, misalkan admin akan melihat blog ini sendiri
2. Klik kanan pada blog tersebut atau juga bisa dengan menekan shortcutnya yaitu Ctrl + U
view page source ... ctrl + u

3. Tekan Ctrl + F, ketikkan theme name untuk mencari nama dari templatenya. Jika tidak ditemukan scroll kebawah dan lihat pada bagian bawah CSS, kebanyakan jika template tersebut download dari internet akan tercantum identitasnya di tempat tersebut
hasil view page source ... ctrl + u


Setelah mendapatkan nama dari template tersebut, sobat bisa mencarinya di google dengan keyword nama template tersebut, biasanya website pembuatnya berada di page one. Masuk ke website yang paling atas. Untuk memastikan templatenya memang benar itu atau bukan, di bagian koneten bawah biasanya tersedia fitur untuk melihat demo dan untuk download. Lihat demo dari template tersebut sebelum mendownloadnya. Jika tampilannya mirip berarti memang benar templatenya, silahkan download template tersebut dan pasang pada blog sobat. 



Terimakasih Telah Berkunjung
Salam Blogger
Previous Post
Next Post

0 komentar: