Jumat, 28 Agustus 2015

Cara Mengatasi "Error establishing a database connection" Pada CMS Wordpress

logo Error establishing a database connection

BeriTekhno - Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang cara penginstallan CMS Wordpress di debian. Jika mengikuti langkah-langkah yang sudah ada seharusnya bisa menginstallnya dan bisa dijalankan. Tetapi terkadang ada juga yang salah pengertian dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan pada artikel, Tutorial Install CMS Wordpress di Debian 6, biasanya kesalahan yang fatal terletak pada langkah ke-13 dan akan muncul tampilan seperti berikut jika mengakses ip_debian/wp-admin
Error establishing a database connection


Kesalahan tersebut muncul saat edit wp-config.php. Seperti gambar di bawah ini,
wp-config.php
yang diganti yaitu 3 bagian yang dikotaki tersebut.. Gambar yang kiri itu sebelum diedit, dan yang kanan gambar sesudah diedit. Lalu bagaimana cara mengatasi jika muncul "Error establishing a database connection" ? Langsung saja menuju langkahnya


Cara Mengatasi "Error establishing a database connection" :

1. Edit lagi wp-config.php pada direktori /var/www/wordpress dengan perintah
mcedit /var/www/wordpress/wp-config.php
2. Pastikan anda telah mengganti kata  "database_name_here" dengan kata "wordpress". Wordpress disini yaitu database yang dibuat dengan phpmyadmin, jika salah penulisan juga tidak akan bisa diakses wordpressnya di alamat ip debian. (Lihat langkah 22 di Tutorial Install CMS Wordpress di Debian 6)

3. Pastikan anda telah mengganti kata "username_here" diganti dengan "username_phpmyadmin". Username phpmyadmin disini adalah username yang digunakan untuk login di ip_debian/phpmyadmin. Kenapa diperlukan ? Karena nantinya jika wordpress diakses, otomatis dia akan menuju ke phpmyadmin (secara tidak langsung) dan mengambil database yang ada di dalamnya (di database wordpress).


4. Pastikan anda telah mengganti kata "password_here" dengan "password_phpmyadmin". Sama seperti username phpmyadmin, password disini yaitu bergunak untuk login ke phpmyadmin dan mengambil database (secara tidak langsung)

5. Telitilah mengganti 3 kata tersebut, jika sudah yakin benar, simpan lah config tersebut dengan menekan F10.

6. Cek dengan cara mengakses ip_debian/wp-admin, jika sudah tidak muncul "Error establishing a database connection" berarti masalah Error establishing a database connection telah teratasi


Kesimpulan

Munculnya "Error establishing a database connection" itu sendiri disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adalah salah mengganti 3 kata yang ada di wp-config.php, yaitu database_name_here, username_here, dan password_here. Pesan eror itu muncul karena wordpress yang akan di akses tidak bisa masuk dan mengambil database (seacara tidak langsung).

Jika diibaratkan, anda menuju kehalaman phpmyadmin dan salah memasukkan username atau password maka hasilnya anda tidak akan bisa menuju kehalaman admin phpmyadmin. Begitu pula dengan wordpress, jika username atau password ada yang salah maka juga tidak akan bisa menampilkan data, karena data yang akan ditampilkan ada di database yang berada di phpmyadmin dan membutuhkan username + password untuk login.

Itulah  Cara Mengatasi Error establishing a database connection pada CMS Wordpress. Jika masih terdapat eror silahkan bertanya lewat komentar dengan sopan.

Terimakasih Telah Berkunjung
Salam Blogger
Previous Post
Next Post

0 komentar: