Senin, 12 Oktober 2015

Kini Fitur Penggunaan HTTPS Telah Hadir di Blogger

gambar https ... https di blogger

BeriTekhno - HTTPS merupakan salah satu kode bahasa protokol yang digunakan dalam internet yang mirip dengan protokol http. HTTPS merupakan singakatan HTTP Secure, yang berarti versi aman dari kode bahasa protokol HTTP. HTTPS mengeenkripsi  data sesi menggunalan protokol SSL(Secure Socket Layer) atau TLS(Transport Layer Security) yang melindungi dari serangan eavesdroppers dan man in the middle attacks.

Untuk menjamin keamanan para pengguna blogger, kini CMS yang dikembangkan oleh google ini mengeluarkan fitur ketersediaan HTTPS untuk pengguna blogger. Ketika pengunjung mengakses blog anda menggunakan protokol HTTPS, halaman yang diminta oleh pengunjung akan dienkripsi dahulu oleh protokol tesebut. Selain itu, data yang dikirimkan ke blog anda (misalnya username atau password) akan dienkripsi juga sehingga tidak akan bisa di serang dengan serangan eavesdropping.

Untuk melihat detail dari fitur ini, masuklah ke halaman blogger anda. Masuk ke menu Setelan > Dasar. Untuk setelan defaultnya, penggunaan fitur HTTPS masih belum aktif. 
tampilan https blogger


Di fitur tersebut juga telah ada sedikit penjelasan seperti yang dijelaskan di atas, yang isinya seperti berikut :

Mengaktifkan Ketersediaan HTTPS akan memungkinkan pengunjung melihat blog Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://beritekhno.blogspot.com. Saat ini, fitur tersebut hanya didukung untuk blog domain Blogspot. Pelajari lebih lanjut.

Tetapi sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk blog anda yang masih menggunakan url blogspot (belum ditambahkan url pihak ketiga). Bagi anda yang url blognya masih menggunakan blogspot dan ingin mengaktifkannya, ubahlah ketersediaan HTTPS menjadi Ya pada Setelan > Dasar 

tampilan https blogger

Untuk menguji apakah fitur HTTPS sudah jalan atau belum, anda bisa membuka tab baru pada browser. Bukalah url blog yang baru anda setting fitur HTTPSnya, dan tambahkan https:// didepan url blog anda. Jika bisa membuka halaman blog anda dan pada address bar browser ada icon kuncu berarti telah sukses mengaktifkan fitur HTTPS pada blogger
http pada blogspot


Terimakasih Telah Berkunjung
Salam Blogger
Previous Post
Next Post

0 komentar: