Sabtu, 29 Agustus 2015

Cara Memperbaiki Pengaturan Brighnest Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

Logo Brighnest Laptop

BeriTekhno - Pernahkah anda mengalami masalah di laptop yang brighnestnya tidak berfungsi ? Atau berfungsi namun hanya bisa disetting paling redup atau paling cerah ? Jika pernah dan anda ingin memperbaikinya, anda berada di halaman yang tepat. Karena di sini admin akan memberikan solusi untuk laptop yang tidak berfungsi pengaturan brighnestnya. 

Sebagai contoh admin di sini menggunakan laptop dengan merk Lenovo. Windows yang disarankan dari pihak lenovo yaitu windows 8, karena sesuai dengan driver yang diberikan. Driver yang diberikan hanya driver windows 8. Dan ketika admin install ulang ke windows 7 kemudian admin downloadkan driver dari official website lenovo ternyata driver grapichnya tidak berjalan dengan sempurna, pengaturan brighnestnya hanya bisa berfungsi untuk setting ke paling terang dan paling redup. 


Bagaimana Solusinya ?

Solusinya yaitu dengan mengupdate/memperbaruhi versi BIOS yang digunakan saat ini. Banyak software update BIOS bertebaran di internet. Mungkin permasalahan ini tidak hanya muncul pada Lenovo, bagi anda yang mengalami masalah yang serupa bisa mencari di internet dengan keyword "BIOS updater for merk_dan_seri_laptop versi_windows" atau dengan keyword "Update Bios merk_dan_seri_laptop versi_windows". Merk dan seri laptop yang dimaksudkan adalah merk dan seri laptop dan versi windows yang dimaksudkan adalah windows berapa yang digunakan  pada laptop yang bermalah pada pengaturan brighnestnya, contoh : "BIOS updater for Lenovo G400s Windows 7 x86"

Update BIOS tiap seri laptop tentunya berbeda, ada yang lewat software saat masuk dekstop. Ada pula yang updatenya lewat BIOS terlebih dahulu kemudian flash dengan meload file yang telah didownload. 



Bagaimana Caranya ?

Sebelum melangkah ke caranya, pastikan dahulu baterai laptp telah terisi penuh dan cas telah terhubung ke sumber listrik. Karena jika update sedang berljalan dan belum selesai tiba tiba laptop baterainya habis atau listrik sedang padam akan berakibat fatal.

1. Backup BIOS
Backup BIOS

Langkah pertama yang sangat perlu dilakukan adalah membackup BIOS yang saat ini digunakan. Karena jika terjadi masalah saat bios update berjalan, masih ada backupan BIOS yang sebelumnya digunakan. Anda bisa melakukan backup BIOS dengan Universal BIOS Backup ToolKit

2. Update BIOS
Update BIOS

Jalankan file Updater BIOS yang telah didownload. Jika software meminta untuk memasukkan flashdisk lakukan saja (Tiap seri laptop berbeda caranya, ada yang memakai flashdisk ada yang tidak). Selanjutnya software akan meminta untuk restart dan akan berhenti di menu boot. Ikuti instruksi yang muncul pada menu tersebut dan tunggu hingga proses berjalan 100%

3. Restart 
Restart

Setelah sukses Update BIOS, biasanya akan restart otomatis. Tetapi adapula yang meminta untuk restart terlebih dahulu. Restartlah terlebih dahulu, bila sudah hidup kembali, tekan tombol untuk melakukan pencerahan atau peredupan pada windows. 

Jika sudah bisa meredup (tidak paling redup) maka anda telah sukses Memperbaiki Pengaturan Brighnest Yang Tidak Berfungsi Pada Laptop



Terimakasih Telah Berkunjung 
Salam Blogger
Previous Post
Next Post

0 komentar: